Kamis, 10 Januari 2019

TEKNOLOGI TAHAN GEMPA BANTALAN KARET (BASE ISOLATION)(Universitas Gunadarma review)




Bantalan Karet
Kali ini saya akan share tentang teknologi bantalan karet yang digunakan untuk bangunan tahan gempa.
Bantalan karet atau sering dikenal sebagai base isolation, tampaknya penggunaan nya akan sangat banyak berguna guys . apalagi daerah di indonesia yang terkenal dengan daerah rawan gempa, menjadikan bantalan karet peredam gempa ini diperlukan untuk melindungi struktur bangunan. Tetapi tidak hanya struktur bangunan saja lho, bantalan karet ini juga bisa dipakai di jembatan, Bantalan karet ini tergolong murah lho, tetapi bukan murahan ya, hehe alat ini juga tidak termasuk yang berteknologi tinggi jadi peng aplikasian nya mudah . 



Gambar 3 Bantalan karet
                                                                ( sumber : wbdg.org )


Aplikasi bantalan karet
Dalam aplikasinya, bantalan karet tersebut dipasang pada setiap kolom, yaitu diantara pondasi dan bangunan. Bantalan karet alam ini, berfungsi untuk mengurangi getaran akibat gempa. Sedangkan lempengan baja, digunakan untuk menambah kekakuan bantalan karet, sehingga penurunan bangunan saat bertumpu di atas bantalan karet tidak terlalu besar.
Adapun prinsip kerja dari bantalan karet (base isolation seismic bearing) ini adalah pengaruh gempa bumi yang sangat merusak struktur bangunan, merupakan komponen getaran karet horizontal. Getaran tersebut, dapat menimbulkan gaya reaksi yang besar. Bahkan, pada puncak bangunan, dapat terlihat hingga mendekati dua kalinya. Oleh karena itu, apabila gaya yang sampai pada bangunan itu lebih besar dari kekuatan struktur maka bangunan itu akan rusak.

 


Gambar 2 Perletakan bantalan karet pada tiap kolom
( sumber : ndsse.com )



Gaya reaksi yang sampai pada bangunan tersebut, dapat dikurangi melalui penggunaan bantalan karet tahan gempa ini. Pada dasarnya, cara perlindungan bangunan oleh bantalan karet tahan gempa ini, dicapai melalui penggunaan getaran gempa bumi ke arah horizontal. Dengan bantalan tersebut, juga memungkinkan bangunan untuk bergerak bebas, pada saat berlangsung gempa bumi, tanpa tertahan oleh pondasi. Bantalan karet tersebut, dapat mengurangi daya reaksi hingga 70%. Karena, secara alami karet alam memiliki fleksibilitas yang tinggi dan dapat menyerap energi.



Gambar 4 Uji geser
( sumber : http: http://www.ipard.com)




Gambar 5 Uji tekan vertikal
( sumber : http: http://www.ipard.com )





Peredam gempa berupa bantalan karet alam ini, kini mulai banyak diaplikasikan pada bangunan-bangunan hunian maupun gedung-gedung bertingkat. Dan berdasarkan pengalaman di lapangan., bangunan yang menggunakan bantalan karet peredam gempa ini, tidak mengalami kerusakan yang signifikan, ketika terjadi gempa.

Prinsip Kerja
Pengaruh gempa bumi yang sangat merusak struktur bangunan adalah komponen getaran karet horizontal. Getaran tersebut dapat menimbulkan gaya reaksi yang besar, bahkan pada puncak bangunan dapat berlipat hingga mendekati dua kalinya. Oleh sebab itu apabila gaya yang sampai pada bangunan tersebut lebih besar dari kekuatan struktur maka bangunan tersebut akan rusak. Gaya reaksi yang sampai bangunan dapat dikurangi melalui penggunaan bantalan karet tahan gempa. Pada dasarnya cara perlindungan bangunan oleh bantalan karet tahan gempa dicapai melalui pengurangan getaran gempa bumi kearah horizontal dan memungkinkan bangunan untuk begerak bebas saat berlangusung gempa bumi tanpa tertahan oleh pondasi. Bantalan karet alam tersebut dapat mengurangi daya reaksi hingga 70%, karena secara alami karet alam memiliki sifat fleksibilitas dan menyerap energy..
Berikut ilustrasi video prinsip kerja bantalan karet

.
                               


Kesimpulan
Bantalan karet ini sangat cocok digunakan di Indonesia , karena pemasangannya ga ribet dan murah meriah , orang Indonesia kan suka yang murah-murah kaya penulis ini.

Nama : Muhammad Isra Maulana
Npm  : 14315671
Kelas : 4TA05
Nama dosen : I Kadek Bagus Widana Putra ST.MT
Fakultas & Jurusan : Teknik sipil dan perencanaan/ Teknik Sipil
Universitas : Universitas Gunadarma


https://www.gunadarma.ac.id/
https://ftsp.gunadarma.ac.id/sipil/

sumber :

https://www.youtube.com/watch?v=wSYkp18aIOg
https://sanggapramana.wordpress.com/2010/11/27/damper-isolator-gempa-pada-struktur-bangunan/










Tidak ada komentar:

Posting Komentar